Choco Lava Cake di Bandung

Kalau lagi jalan dan bingung mau ngapain biasanya saya langsung nyeletuk. "Cari Lava Cake!"
Semenjak nyobain lava cake buatan kawan saya yang dulu sempet buka cafe Lava House dan sekarang fokus bisnis doi berubah dari kuliner jadi fashion, saya bertekad untuk mencoba semua lava cake yang ada di cafe-cafe. Ide ini baru tercetus sekitar bulan lalu dan saya belum berhasil mencoba semua Lava Cake di Bandung, masih proses. Tapi saya uda ngga sabar buat kasih kalian reviewnya.
Saya urutkan bukan dari yang terenak tapi dari yang pertama saya coba sampai yang terakhir. Saya akan berusaha seobjektif mungkin walaupun pada akhirnya pasti ada selera yang ikut berperan.



1. Little Wings (Jl. Cigadung Raya Barat No. 2)

Kalau yang pernah baca postingan saya mengenai usaha Lava House kawan saya, lava cake resep dia pindah ke sini. Coba baca lagi deh biar inget, klik ini
Jadi kurang lebih reviewnya sama, rasanya juga, bentuknya pun. Cuma harga aja yang agak beda, saya ngga ingat harga Lava Cake di Little Wings. Mungkin sekitar kurang lebih antara 25.000-35.000. Little Wings ini tempatnya cozy, enak buat ngadem, diem diem, jauh dari peradaban. Masuk Tubagus Ismail kamu harus belok kanan kiri atas bawah terus sampai ke surga.

2. Wiki Koffie (Jl. Braga No. 90)

Saya mencoba Lava Cake di sini waktu Asia Africa Student Conference. Makan sambil ngobrol banyak sama temen saya mengenai Afrika, Indonesia, Bandung, Agama dan lain lain. Jadi rasa yang ada di Lava Cakenya rasa filosofis. (apasih). Tapi jujur kalau saya lupa bagaimana rasa Lava Cakenya berarti cenderung biasa aja. So so lah. Cuma Wiki Koffie ini ngga bikin kantong kempes, kalau saya tidak salah harga Lava Cakenya di bawah 25.000. Tempatnya kalau kata saya "NGOBROL BANGET", yang saya suka dari Wiki Koffie atmosfernya memang tempat untuk ngobrol, bukan untuk mainin hp, internetan apalagi ngerjain tugas atau tidur. (siapa yang mau tidur di cafe Run? Tidur mah di imah). Jempol 3.

3. Cups Coffee and Kitchen (Jl. Trunojoyo no.25)

Nongkrong di sini waktu sahabat saya ngajakin ketemuan dan ngopi cantik sambil dia traktir karena baru gajian. Psych! Sebelumnya saya ke Cups antar kawan saya yang dari Nepal dan kami duduk di bawah. Lalu ketika kedua kali saya ke sini bareng sahabat saya yang baru gajian ini, kami duduk di loteng, dan tempatnya uwow keenjoyan banget kalau malem, syahdu sambil liat bintang. Cuco' kalau kamu ke situ bareng temen segeng yang recet dan berisik karena ngga akan ganggu yang di bawah, cuco juga buat kamu yang ingin kasih surprise pacar dengan makan berduaan. Sayangnya waktu saya pesen lava cake di sini, coklat dalamnya ngga melting. Jadi saya agak kecewa, rasanya standar sih, harganya juga. Jempol 2 aja deh.

4. Rocca (Jl. Progo no. 16)

Saya kesini waktu habis donor darah. Kalau kata orang habis donor darah itu lemes, buat saya ngga ngaruh ke stamina, malah makin seger. Cuma linu aja spot bekas disuntiknya. Yang jelas setelah donor darah lanjut siaran radio, saya pengen banget mencoklat coklat. Akhirnya memutuskan ke sini sambil ketemuan sama sahabat saya yang kerja di Bank dan cuma punya waktu weekend berikut weekendnya suka dipake pacaran, berikut kalau Minggu inginnya tiduran di rumah. Walhasil cuma ketemu sejam dua jam juga uda syukur. Yang saya pesan sudah barang tentu Lava Cake! Lava Cake di sini endeeesss, endolita, enak. Cokelatnya melting, wanginya juga kerasa. Es krim vanilanya juga enak. Harganya sekitar 30.000-40.000, saya termasuk penggemar lava cake yang ngga terlalu mikirin harganya berapa. Makanya kadang saya suka lupa harga. Rocca saya kasih jempol 4. Boleh coba lava cake yang di sini!



5. Vanilla Kitchen & Wine (Jl. Cimanuk no. 11)

Malam minggu saya dan temen-temen memutuskan untuk main bowling karena ceritanya ingin melepas emosi akan bosannya rutinitas. (gayalu). Setelah tangan pegal dan perut lapar kami memutuskan untuk mencari makan. Singkat cerita (males nulis banget anaknya deh RUN) kami terdampar di Vanilla, bukan terdampar juga sih, sebenernya memang saya request buat datang kesini karena kataya ada lava cake endeeess, eym.
Di Vanilla Kitchen nama menu untuk lava cake adalah Chocolate Fondant. Saya pesan lah itu menu, beberapa saat kemudian muncul wangi semerbak yang menggugah. Ritual makan lava cake adalah diawali dengan membelah kue untuk melihat apakah cokelatnya meleber atau tidak, hasilnya? MELEBER! Semangat menggebu! Setelah berdoa sebelum makan (Alhamdulillah masih inget doa dulu) saya menyantap tumpukan cokelat di depan saya. Enaaaaakkkk! Saya kasih jempol 5! Ini lava cake paling enak, entah karena mood saya juga lagi bagus dan suasana mendukung serta lava cakenya anget jadi terasanya merasuk di jiwa (oke lebay). Harga lava cake di Vanilla sekitar 45.000.


6. Sonoma (Jl. Bengawan no. 33)

Entah kenapa saya nyari lava cake biasanya setelah melakukan aktifitas fisik. Waktu ke Vanilla habis main bowling, sekarang habis berenang. Tempat berenangnya sepi dan nyaman, padahal lagi long weekend, terletak di lantai paling atas sebuah hotel di pusat kota Bandung, Pemandangannya manis ditemani pepohonan serta matahari tenggelam. Oke cukup cerita berenang, sekarang cerita lava cakenya. Nama menu lava cake di Sonoma saya lupa penyebutannya, yang jelas agar tidak salah lebih baik berbincang dengan mba mba waitress saja jika ingin pesan lava cake.


Taraaaa itu dia penampakan lava cakenya. Cokelat meleber, rasanya enakkkk, tapiiii satu hal yang ngga begitu masuk selera saya adalah es krim yang disajikan untuk pendamping kue adalah es krim rasa cokelat which is menurut saya bukan perpaduan yang ciamik. Karena kaya jeruk ketemu jeruk, apel ketemu apel, laki ketemu laki, tidak ada perpaduan rasa di lidah. Saran saya kalau kamu kesini dan pesen lava cake, pesan khusus aja es krimnya vanila jangan es krim cokelat. Saya kasih jempol 3,5 karena buat saya es krim yang tidak pas mengakibatkan fatal di rasa. Harga lava cake sekitar 30.000-45.000.

7. Tempat-tempat Yang Sudah Didatangi Namun Tidak Menyediakan Lava Cake

Tempat-tempat ini sudah pernah saya survey secara langsung, beberapa kali saya datang karena memang sengaja ingin memesan lava cake tapi ternyata di menu ngga ada. Jadi untuk yang memang ingin mencari lava cake. Jangan ke sini:

  • Giggle Box: adanya pancake dan musik vintage. Lava Cake ngga ada.
  • Toko Coklat (Jl. Cimanuk no. 5): tidak sekomplit yang dibayangkan
  • Hummingbird: Sengaja kesini malem-malem tapi katanya sedang kosong atau entah di menu ngga ada karena saya pesan langsung tanpa lihat menu

Segitu dulu tulisan saya mengenai penjelajahan Lava Cake di Bandung, setelah saya mencoba yang baru lagi, saya akan update tulisan ini. Selamat berburu kue cokelat melebeeeer!

Comments

Popular Posts